VAKSINATOR TNI AL LANTAMAL XII DATANGI KAPAL IKAN LAKSANAKAN VAKSINASI TERHADAP NELAYAN YANG PULANG MELAUT

Laporan Red

PONTIANAK – Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, Minggu (22/08/2021), didampingi para Pejabat Utama Lantamal XII dan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros. selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, turut bersinergi dengan Satuan Kapal Patroli dan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII untuk melaksanakan “Serbuan Vaksinasi terhadap Masyarakat Nelayan Kota Pontianak yang kembali melaut setelah mencari ikan selama empat dan lima bulan.” agar ketika mereka pulang kerumah, sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah para nelayan dan keluarganya terpapar virus Covid-19.

Diawali dengan dilakukannya Patroli oleh Tim Sea Reader Satuan Kapal Patroli yang dipimpin oleh Dansatrol Lantamal XII Letkol Laut (P) Kariyadi Bangun, melakukan pengecekan kapal ikan masuk alur Sungai Kapuas Kota Pontianak. Tim patroli memastikan apakah Anak Buah Kapal (ABK) kapal ikan yang baru pulang melaut sudah menerima Vaksin Covid-19.

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, saat melakukan kunjungan menyampaikan bahwa, “Vaksinasi terhadap mayarakat nelayan yang di lakukan kali ini, diperuntukan kepada para nelayan yang baru pulang dari laut, mereka melaut lebih kurang selama 4 sampai dengan 5 bulan dimana sebagian besar nelayan belum menerima Vaksin, sehingga Lantamal XII melaksanakan jemput bola menurunkan Tim Vaksinatornya untuk melakukan vaksinasi terhadap nelayan yang bersandar ke Dermaga Perikanan ini”. Demikian ujar Danlantamal XII.

Selain melaksanakan serbuan Vaksinasi yang dikapal-kapal ikan yang baru pulang melaut juga melaksanakan vaksinasi bagi nelayan yang berada di kapal yang sedang sandar di dermaga Jl. Kom Yos Sudarso Pontianak tempat Kapal ikan tersebut melakukan bongkar muat.

Setiap nelayan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya, dan bagi nelayan yang memenuhi syarat kondisi kesehatannya, Tim Vaksinator Satgas Covid-19 Lantamal XII akan melaksanakan vaksinasi di atas kapal nelayan tersebut. Pada kesempatan itu vaksin yang disiapkan Lantamal XII sebanyak 15 Vial vaksin yaitu sebanyak 150 dosis vaksi Covid-19, tercatat sebanyak 113 orang nelayan melakukan registrasi, hanya 110 orang nelayan saja yang memenuhi syarat untuk divaksin. Pada pelaksanaan vaksinasi para petugas juga menyampaikan agar nelayan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatannya sehari-hari.

“Bagus sekali dan saya senang sekali karena di vaksin pagi ini, karena saya bekerja dilaut selama 4 bulan, belum pernah di vaksin, jadi pada hari ini saya senang sekali sudah divaksin, terima kasih untuk TNI AL Lantamal XII saya senang sekali sudah di Vaksin, “Demikian yang disampaikan salah seorang nelayan terhadap kegiatan Buserbuan vaksin yang dilaksanakan Lantamal XII ini.

Dispen Lantamal XII Koarmada I.