Riza Herdavid, S.T.,M Tr.IP Hadiri RPJMD Tahun 2021-2026 di DPRD Basel

Laporan Red

TOBOALI – Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid., S.T,. M Tr.IP menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Raperda tentang Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2021-2026, yang dipimpin dan dibuka langsung oleg Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan Erwin Asmadi, acara berlangsung di Ruang Junjung Besaoh DPRD Kabupaten Bangka Selatan,  Senin (05/07/21).

Turut pula dihadiri Wakil Ketua I Muzani Abdullah, S.Pdi, Wakil Ketua II Samson Asrimono, Kapolres Basel Joko Isnawan, S.I.K., M.H, Kajari Basel Mayasari, S.H, M.H, Pabung Kodim 014  Bangka Wilayah Bangka Selatan Letkol Inf Saldifa, Perwakilan Posmad TNI AL Toboali, Pj. Sekretaris Daerah Bangka Selatan Achmad Ansyori, S.T, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dokumen RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026 merupakan dokumen resmi yang akan menjadi acuan rencana pembangunan Kabupaten Bangka Selatan kurun waktu lima tahun ke depan sehingga harus disusun secara maksimal.

“Dokumen RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026 merupakan dokumen resmi yang akan menjadi acuan rencana pembangunan Kabupaten Bangka Selatan kurun waktu lima tahun ke depan, dokumen RPJMD ini memuat secara lengkap dan sistematis, visi dan misi kepala daerah, tujuan pembangunan, sasaran pembangunan, strategi pembangunan, arah kebijakan, indikator kinerja, dan tahapan pencapaian serta gambaran umum pendanaan yang diperlukan, sehingga sangat penting dan merupakan sebuah keharusan, bahwa dokumen RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026 harus disusun dengan secara maksimal untuk dapat menjawab segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat bangka selatan,” ungkapnya.

Subtansi RPJMD Kabupaten Bangka Selatan  tahun 2021-2026 dapat menjawab keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pengawasan pembangunan di kabupaten bangka selatan,” harap Bupati.

RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026 mengusung visi “Bangka Selatan yang maju dalam pertumbuhan ekonomi, pertanian, perikanan, dan pengembangan SDM berbasis riset, inovasi, dan gotong royong ”visi tersebut mengandung makna suatu keyakinan bahwa Kabupaten Bangka Selatan dapat berperan besar di kancah provinsi dan nasional, dan satu komitmen bahwa percepatan dan lompatan pembangunan tersebut harus terus diikhtiarkan untuk mewujudkan kabupaten bangka selatan yang kreatif dan inofatif, infrastruktur yang handal dan berkelanjutan, sumber daya manusia yang berkualitas, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan publik yang responsif dan akuntabel, subtansi rpjmd kabupaten bangka selatan  tahun 2021-2026 selain visi dan misi kepala daerah terdiri dari atas 3 (tiga) tujuan pembangunan, 7 (tujuh) sasaran pembangunan dan 16 (enam belas) indikator sasaran pembangunan, kesemuanya itu diharapkan dapat menjawab keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pengawasan pembangunan di kabupaten bangka selatan,” jelasnya.

Selanjutnya Riza meminta pimpinan DPRD, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Organisasi Perangkat Daerah serta seluruh stakeholder untuk dapat mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur sehingga penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan akan lebih terarah dan akuntabel.

“Dalam proses pembahasan raperda tentang RPJMD Kabupaten Bangka Selatan  tahun 2021-2026, saya meminta pimpinan DPRD dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan serta perangkat daerah dan seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif, semuanya diharapkan harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan di kabupaten bangka selatan akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis yang ada,” Pungkasnya.

(Hum Diskominfo Basel).