Kehadiran TI Tower dan KIP di Wilayah Laut Toboali Tuai Keluh dan Resah Nelayan

Laporan Jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com 03/08/2020, TOBOALI – Rencana akan ada akivitas KIP maupun TI Tower di wilayah laut kelurahan Ketapang maupun wilayah laut kelurahan Toboali kecamatan Toboali menjadi perbincangan hangat masyarakat dua kelurahan tersebut, khususnya masyarakat nelayan. Minggu 02/8/2020.

Ading yang merupakan warga pesisir pantai kampung Nelayan Rt 01/ 02 Kel Tj. Ketapang saat ditemui awak media beserta warga lainnya mengatakan, “kami warga pesisir kampung Nelayan menyesalkan rencana akan beroperasinya KIP apalagi TI Tower, Kehadiran unit tersebut jelas membawa dampak negatif kepada kami nelayan, apalagi saat ini sudah ada beberapa unit TI Tower maupun KIP yang siap memporak-porandakan dasar laut, seperti menanti tontonan apa yang bakal terjadi terkesan mengulang kenangan pahit tragedi- tragedi sebelumnya,” sesalnya.

“Kami tetap menolak dan tidak mendukung, seharusnya pemerintah kabupaten maupun Pihak PT Timah meninjau kembali atas upaya yang akan dilakukan, kami sudah lelah kalau nantinya kami juga masyarakat nelayan yang kan jadi korban,” keluhnya

“Seharusnya pemkab Bangka Selatan (Basel) dan PT Timah Tbk harus melihat dan berkaca pada sejarah yang sebelumnya pernah ada konflik, mohon jangan lagilah hal-hal tersebut dimunculkan. Kami sudah tenang dan aman bisa penuhi kebutuhan kami walau rezeki yang didapat di laut seadanya, bapak bayangkan saja setiap ada kegiatan TI maupun KIP selalu ada saja yang jadi persoalan belum lagi gangguan Kamtibmas, mata pencarian kami terganggu dan kami pastikan menghasilkan limbah dan pencemaran laut dan jelas itu sangat merugikan kami para nelayan,” keluhnya lagi

Hal senada yang disampaikan Is (warga Sukadamai.red), “kami tidak setuju dan menolak akativitas TI Tower maupun KIP, kami sudah tenang dan aman sejak TI apung tidak beroperasi di dua wilayah ini, sekarang belum apa – apa muncul lagi. Janganlah kami antar masyarakat dibenturkan. Kami mohon kepada PT Timah Tbk maupun pemda dan Aparat Penegak Hukum bisa melihat kejadian-kejadian sebelumnya dan berharap ditinjau kembali,” Harapnya.

Peltu Darsidi Danposmat Toboali saat dikonfirmasi terkait akan adanya Aktivitas penambangan TI Tower maupun KIP kawasan laut Toboali mengatakan, “kalau pastinya belum tau dan kebetulan kami juga baru tiba di Pos,” ucap Danposmat singkat.