Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Sawiat Melakukan Bimtek bagi PPS Di 8 Kampung

Laporan Jurnalis : Hermanus Sagisolo

Sorsel,- Posberitanasional.com Guna menyukseskan setiap tahapan demi mendapatkan hasil demokrasi yang baik di kabupaten Sorong Selatan, maka panitia pemilihan distrik (PPD) distrik sawiat melakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi panitia pemungutan suara (PPS).

Kegiatan tersebut di laksanakan di aula bol sadir distrik sawiat, pada Kamis, 25/06/2020 dengan pemateri ketua PPD Agus kaliele, SP serta  di dampingi ke empat orang anggotanya. Bimtek tersebut melibatkan ketua serta anggota PPS dari delapan kampung yang berada di distrik sawiat.

Kegiatan bintek tersebut di buka oleh sekertaris distrik sawiat Arius kemesfle, SE sekaligus memberikan sambutan serta di hadiri oleh anggota komisioner KPU kabupaten Sorong Selatan Isak salamuk, SE ketua panwas distrik sawiat, Hermanus sagisolo.

Agus kaliele, SP ketua PPD distrik sawiat

Jumlah peserta PPS yang ikut dalam bimtek tersebut berjumlah 24 orang anggota, sedangkan untuk PPS dari setiap kampung berjumlah 3 orang anggota.

Usai kegiatan bintek tersebut ketua PPD distrik sawiat Agus Kaliele.SP saat di temui, media ini mengatakan proses bimtek yang di lakukan olehnya dan anggota sesuai peraturan KPU nomor 05 tahun 2020 atas perubahan PKPU  nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal pada pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Beliau menjelaskan bimtek ini dalam rangka ferivikasi faktual calon perseorangan atau independen, tujuannya agar PPS bisa memahami proses ini agar dalam faktual PPS bisa melakukan tugas tugasnya dengan baik dan sesuai amanat undang-undang.

Ia juga berharap bagi PPS agar hendaknya mempelajari materi yang ada agar dalam melaksanakan tugas faktual tidak salah sebab baginya bagian ini (independen) merupakan hal yang baru di hadapi oleh masyarakat di kabupaten sorong selatan untuk itulah di butuhkan konsentrasi yang penuh dalam menjalankan tugas tersebut tutupnya.