12 Jam Pencarian Tim SAR Pangkalpinang Berhasil Temukan Taugboat Sumber Marine 5 dan Tongkang

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 16/6/2020, PANGKALPINANG – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang akhirnya menemukan titik terang keberadaan Distress Alert Kapal tughboat sumber marine 5 yang memancar di perbatasan perairan tanjung pinang – utara bangka. setelah dilakukan pencarian selama 12 jam, tim pencarian berhasil menemukan kapal tersebut sekira pukul 00:02 WIB. Selasa 16/6/2020.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang Fazzli, S.A.P., mengatakan, untuk kendala dalam pencarian berdasarkan tim yang bergerak dilapangan cuaca awalnya cerah berubah menjadi buruk setelah jam 18:00 WIB. Kapal tugbot tersebut ditemukan kapal KN. Karna 246 pada posisi 00 º 59.980 S , 107 º 16.463 E . Setelah ditemukan tim memeriksa Peralatan EPIRB, dari hasil pemeriksaan dan kesaksian nahkoda tugboat bahwa EPIRB mengalami kerusakaan dan terus memancar hingga Tim Pencarian dan Pertolongan mematikan peralatan tersebut,” kata Fazzli.

“Untuk EPIRB yang mengirimkan sinyal telah kita temukan dan kondisi awak kapal dalam keadaan selamat semua dan kapal tidak mengalami trouble, hanya faktor kerusakan EPIRB itu sendiri, tindakan ketika menerima sinyall Distress kami harus responsif karena itu alat keselamatan dan signal pencari bantuan, walaupun kebanyakan EPIRB yang dimiliki kapal – kapal belum terdaftar di BASARNAS kami selalu memberikan pelayanan SAR 24 jam,” jelasnya.

Berharap dan menghimbau agar para owner kapal dapat mendaftarkan EPIRBnya ke Basarnas, semua pelayanan gratis tidak dipungut biaya,” imbuhnya.

Berikut data – data POB kapal tersebut :
Crew TB. Sumber Marine 5
1. Sabar Nahkoda
2. Asdam Basir Mualim I
3. Arib Subianto Maualim II
4. Dwi Raharjo KKM
5. Piter Rompon Masinis II
6. Sugeng Winarno Masinis III
7. Muhammad Sahrul Juru Mudi
8. Aqsa Hatmagandi Juru Mudi
9. Ashabul Kahfi Juru Mudi
10. Imam Hidayat Juru Minyak

Crew TK. Sumber Kapuas 232
1. Aswandi Kelas I
2. Benny Brakini S Kelas I
3. Boy Harlen Panjaitan Kelas I

Personil Basarnas yang onboard di KN Karna pada Pkl 23.40 WIB. Selanjutnya TB tetap melanjutkan perjalanan ke tujuan (Butong) dan KN Karna kembali ke dermaga Ditpol airud,” tutupnya.