Bupati Aa Umbara Gagas Rp30 Juta per RW, Demi Bandung Barat ‘Leucir’,

Laporan Redaksi

BANDUNG BARAT, POS BERITA NASIONAL–Kamis 12/3/2020 Kunjungan  Redaksi Pos Berita Nasional  ke Bandung Barat  Berbincang bincang bertemu langsung dengan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Dalam wacana perbincangan kali ini Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna berencana meluncurkan terobosan dalam program dana stimulan Rp30 juta setiap RW pada tahun 2021.

Rencana dana itu diperuntukkan bagi pembangunan jalan lingkungan dan gang mewujud visi Kabupaten Bandung Barat ‘Leucir’.

Saat kunjungan Pemimpin Redaksi Pos Berita Nasional dengan  Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna,Kamis 12 Maret 2020.

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak jalan lingkungan pedesaan yang masih tanah, dan harapan saya dengan anggaran itu jalan lingkungan dan atau gang itu ‘leucir’,” kata Umbara Usai kegiatan Musrenbang KBB Tahun 2021,

Bupati menilai, spesifikasi jalan lingkungan tersebut tidak perlu beton atau tembok, untuk menekan anggaran dan ramah lingkungan material bisa berupa paving blok.

Dan nanti juknisnya akan dibuat di DPMD, kalau dari paving blok itu tahan lama dan enak dipandang,”jelasnya.

Jika program  rencana tersebut dapat direalisasikan dan selesai tepat waktu, ungkap Aa Umbara, berdampak positif lainnya ialah peningkatan kunjungan wisatawan ke desa-desa.

Berharap pula mudah-mudah 2 atau 3 tahun ke depan selesai, karena desanya bersih dan sehat serta nyaman dikunjungi,” katanya.

Sementara itu, penyediaan paving blok tersebut nantinya akan memberdayakan para pemuda yang ada di setiap desa. Dan rencananya, bahan dasar paving blok tersebut berasal dari daur ulang sampah.

Dan Karang Taruna nantinya ,kita berdayakan untuk mendaur ulang sampah dan membuat paving blok,”ungkapnya saat mengakhiri perbincangan ini.