TUMBUHKAN JIWA NASIONALISME KOLINLAMIL AJAK PELAJAR SMAN 45 JAKUT BELA NEGARA

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 18/2/2020, Jakarta – Satya Wira Jala Dharma. Bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara apalagi pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Seperti yang dilakukan Staf Potensi Maritim Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) kepada pelajar SMAN 45 Jakarta Utara, Senin (17/2).
Tim Spotmar Kolinlamil yang dipimpin Letkol Laut (KH) Subarja didampingi 2 orang staf melaksanakan kegiatan menjadi inspektur upacara bendera sebagai bagian dari materi bela Negara.
Staf Potensi maritim Kolinlamil melaksanakan program pembinaan ketahanan wilayah yang salah satunya sosialisasi bela Negara kepada pelajar sekolah-sekolah khususnya diwilayah Jakarta Utara.
Kegiatan sosialisasi bela Negara ini diikuti 805 orang pelajar SMAN 45 Jakarta Utara dan 55 org guru dan Staf.
Tujuannya untuk menumbuh-kembangkan rasa nasionalisme, tanggung jawab serta kesadaran untuk bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan di berbagai bentuk kegiatan misalnya pendidikan kewarganegaraan, upacara bendera, penyelenggaraan ibadah di sekolah, kegiatan ekstrakulikuler seperti Pramuka, PMR dan seni budaya.
Saat menyampaikan amanatnya, Letkol Laut (KH) Subarja yang mewakili Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Pangkolinlamil mengatakan Kegiatan bela Negara merupakan kegiatan yang sarat bermuatan pembentukan karakter, kepedulian kepada sesama, serta kecintaan kepada budaya asli nusantara. Upaya penanaman Bela Negara diawali dari mendidik anak di sekolah agar memperoleh sikap dan tingkah laku yang positif dari lingkungan pendidikan formal.
Ketika anak menjelang dewasa, maka modal dasar itu menjadi meluas dalam konteks bangsa dan negara. Anak akan mudah melanjutkan kebiasaan positif tentang apa itu Bela Negara dan Cinta Tanah Air. Selanjutnya, ketika negara meminta warga negara dewasa untuk membela negara, seseorang yang telah dididik secara positif di lingkungan sekolah, akan dengan mudah terpanggil jiwanya untuk mengedepankan kepentingan negaranya.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menjelaskan kegiatan program bela Negara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk karakter, mental dan disiplin generasi muda utamanya pelajar agar memiliki rasa kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat.
“Para pelajar harus memiliki wawasan kebangsaan yang baik dan tetap melakukan hal-hal yang positif dalam pergaulannya sehari-hari”, ungkap Panglima Kolinlamil disela-sela waktunya. (Dispen Kolinlamil)