Bupati dan Wakil Bupati Basel Beserta PT Timah Lakukan Penanam Pohon di Lahan Eks Tambang

Laporan Jurnalis Dani Samjaya

Posberitanasional.com, 12/04/2021, Toboali – Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T, M.Tr.IP,. dan Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, S.E bersama Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan melakukan penanaman kembali / reklamasi PT. Timah, Tbk bertemakan ” Melalui Reklamasi Pasca Tambang, Mari Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup Khususnya di Bangka Selatan, acara berlangsung di Air Inas Desa Gadung Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Senin 12/04/2021.

Direktur Operasi dan Produksi PT. Timah. Tbk Agung Pratama menjelaskan bahwa PT. Timah. Tbk dalam kegiatan reklamasi ini melibatkan kelompok tani sekitar tambang dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan,” kata Agung.

Agung menjelaskan, PT Timah Tbk melibatkan 3 kelompok tani (Desa Gadung, Desa Keposang dan 1 Karang Taruna) luas lokasi reklamasi seluas 7.5 Hektar dengan jarak tanam 8m x 8m,  dan jenis tanaman buah-buahan sebanyak 1170 tanaman yang terdiri dari Alpukat 390 batang, Mente 390 batang, Sirsak 390 tanaman dan tanaman tepian kolong Cemara Laut sebanyak 1125 batang,” tutur Agung.

Dengan penanaman tanaman buah-buahan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya di Bangka Selatan,” imbuhnya.

Bupati Bangka Selatan H Riza Herdavid, S.T, M.Tr.IP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak terkait terutama kepada PT. Timah, Tbk dan Forkopimda Bangka Selatan yang menggagas kuat kegiatan ini dan juga mengajak untuk menggalakkan kepedulian untuk gemar menanam pohon disekitar kita.

“Mari kita galakan kepedulian kita terhadap lingkungan dengan gemar menanam pohon disekitar kita, bagi pt.timah, tbk sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) menanam di areal reklamasi selain merupakan suatu kewajiban juga berfungsi edukasi dan pemberdayaan bagi masyarakat karena dalam pelaksanaannya mengandung prinsip-prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta keselamatan dan kesehatan kerja seperti termaktub dalam peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2010 tentang reklamasi dan pasca tambang,” kata Bupati Basel.

Selanjutnya Riza mengajak seluruh kepala OPD serta intansi vertikal untuk menggerakkan para pegawainya untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga keberlangsungan area reklamasi ini.

“Mohon kiranya untuk Forkopimda khususnya dan seluruh kepala opd serta instansi vertikal yang berhadir pada kegiatan ini agar berkenaan menggerakan para pegawainya untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dimulai dengan menanam pohon disekitar kantor / perkarangan rumah masing-masing dan mari kita jaga keberlangsungan area reklamasi ini untuk tetap menjaga keseimbangan alam guna mewariskan lingkungan yang bisa menopang kehidupan anak cucu kita kelak dikemudian hari,” harapnya.

Adapun rangkaian acara meliputi penyerahan bibit secara simbolis kepada Poktan Desa Gadung, Desa Keposang, Desa Mekar Makmur , dan Karang Taruna Desa Keposang.